Tuesday, May 02, 2006

Dunia Bisnis
































ANALISA SWOT
Menemukan peluang baru
Memenej dan mengeliminir ancaman


Analisa SWOT (juga disebut Analisa TOWS) adalah tehnik untuk mengerti akan Strengths(=kekuatan) dan Weakness(=kelemahan) dan mencari Opportunities(=peluang) dan Threats(=Ancaman) yang sebenarnya kita hadapi.

Dalam konteks bisnis, akan menolong kita untuk bertahan lama di bisnis . Dalam konteks personal akan menolong kita dalam pengembangan karir yang dapat membawa keuntungan terbaik bagi bakat, kemampuan dan peluang kita.

ANALISA SWOT dalam Bisnis



















Fakta-fakta yang membuat Analisa SWOT istimewa adalah kelebihannya yang dapat menolong membuka peluang dengan cara membuat kita mengerti akan kelemahan kita dalam bisnis yang kita jalani sekarang. Juga membuat kita dapat memenej dan mengeliminir ancaman yang sedang kita hadapi.

Strength (Kekuatan) :
  • Apa keuntungan kelebihan yang dimiliki perusahaan anda?
  • Dalam hal apa yang perusahaan anda melakukan lebik baik dari perusahaan lain?
  • Adakah sumber yang unik atau sumber dengan biaya terendah yang dapat anda akses?
  • Kekuatan apa yang dilihat oleh orang-orang dalam bisnis anda?
Weakness (Kelemahan) :
  • Apa yang harus ditingkatkan?
  • Apa yang harus dihindari?
  • Apa yang dilihat oleh orang-orang lain di bisnis anda yang dianggap sebagai kelemahan.
Kembali dengan berdasarkan aspek internal dan external, adakah yang dilihat orang lain sebagai kelemahan yang tidak kita lihat? Pesaing anda melakukan lebih baik dari anda dalam hal apa? Saatnya untuk kita mulai realistis, dan bersiaplah menghadapi kenyataan yang tidak menyenangkan secepat mungkin.

Opportunitis (Peluang) :
  • Apa peluang yang lebih baik?
  • Trend apa yang menarik dan kita kuasai benar?
Peluang dapat anda raih melalui :
  • Perubahan dalam tehnologi dan pasar dalam skala luas dan sempit.
  • Perubahan dalam kebijakan pemerintah yang berhubungan dengan bidang bisnis anda.
  • Perubahan dalam pola sosial , profil populasi, perubahan gaya hidup dll.
  • Even-even lokal.
Pendekatan yang baik adalah dengan melihat peluang dari kekuatan yang ada pada diri perusahaan kita sendiri. Dari 4 hal tersebut di atas , aspek yang manakah yang dapat dijadikan peluang? Atau bagaimana cara mengeliminasi kelemahan sehingga ada hal-hal yang dapat dijadikan sebagai pembuka peluang usaha ?

Threats (Ancaman) :
  • Rintangan apa yang dihadapi oleh bisnis anda?
  • Apa yang dikerjakan oleh para pesaing?
  • Adakah permintaan dari pelanggan untuk merubah spesifikasi, bentuk produk, atau servis anda?
  • Adakah problem hutang atau cash flow yang sulit ?
  • Adakah kelemahan yang serius yang bisa mengancam bisnis anda?

Dengan mengunakan analisa ini, seringkali sesuatu masalah di perusahaan kita menjadi jelas. Seperti poin-poin penting apa saja yang perlu dilakukan. Juga sudahkah kita meletakkan sesuatu masalah dalam perspektif yang benar.

Contoh :

Sebuah analisa SWOT pada sebuah perusahaan konsultan bisnis yang baru mulai.

Strengths :
  1. Respon kita dalam menghadapi konsumen sangat cepat, tanpa melalui persetujuan pihak manajemen yang lebih tinggi.
  2. Kita dapat memberikan kepuasan yang tinggi pada konsumen, seperti sekarang ini, dengan jumlah pekerjaan yang sedikit, otomatis kita dapat lebih memperhatikan kepentingan konsumen.
  3. Pimpinan konsultan kami punya reputasi yang kuat di bisnis ini.
  4. Kita dapat mengubah arah kebijaksanaan dengan cepat jika dirasa pemasaran produk jasa kita tidak lancar.
  5. Kita memiliki overhead yang kecil, sehingga dapat menawarkan harga yang rendah untuk konsumen.
Weakness :
  1. Perusahaan kami tidak memiliki pangsa pasar yang jelas dan tidak punya reputasi yang kuat.
  2. Perusahaan kami memiliki beberapa staf dengan kemampuan yang dangkal di beberapa bidang pekerjaan.
  3. Staff penting kami sering sakit, sering meninggalkan tempat, dll.
  4. Cash Flow kami tidak dapat menjamin dalam waktu dekat.
Oppotunities :
  1. Bisnis kami berkembang, dengan banyak peluang di masa depan untuk menuju sukses.
  2. Pesaing kita mungkin lebih lambat mengadopsi teknologi baru.
  3. Pejabat-pejabat pemerintahan lokal sangat mendukung perusahaan lokal.
Threats :
  1. Akankah perkembangan teknologi dapat merubah pasar melebihi kemampuan kami dalam beradaptasi?
  2. Perubahan kecil dalam fokus dari pesaing besar kemungkinan akan dapat menyapu posisi pasar yang sudah diraih.
Konsultan ini mungkin pada akhirnya akan memutuskan :
  • Mengkhususkan diri dalam response cepat terhadap konsumen.
  • Melakukan servis kepada konsumen dengan lebih baik
  • Hanya melakukan bisnis dalam ruang lingkup lokal saja.
  • Budget Iklan dan pemasaran diset hanya dalam ruang lingkup lokal.
  • Harus selalu mengupdate teknologi yang mungkin bisa diraih.
Kesimpulannya :
Analisa SWOT kelihatannya sepele tapi memiliki bingkai kerja yang handal dalam menganalisa Strength dan Weakness yang dimiliki perusahaan, serta Opportunities dan Threats yang yang sedang dihadapi oleh perusahaan. Juga akan menolong perusahaan agar selalu fokus pada kekuatan, bersiap meminimalisasi ancaman serta mengambil keuntungan yang terbaik dari peluang yang tersedia.


Editor : Mohammad Wildan (m_wildan_h@yahoo.com)
Sumber : SWOT Analyze , www.MindTools.com

No comments: