Sunday, April 30, 2006

kesehatan























Insert Photo :
Kesehatan yang baik dari seorang bayi adalah fondasi awal bagi tumbuh kembangnya seorang anak yang sehat, cerdas dan lincah.

DAMPAK ROKOK BAGI JANIN

Dalam setiap bungkus rokok kita sering melihat tulisan "Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin".
Sebenarnya apa benar merokok itu dapat menyebabkan ganggguan kehamilan dan janin ?

Ada sebuah hasil riset yang dilakukan oleh Dr. Josep Biederman dan koleganya dari Sekolah Kedokteran Harvard, Boston , USA . Hasil riset dituangkan dalam American Journal of Psychiatry edisi September 1996, bahwa seorang bayi dalam kandungan dapat tercemar oleh ibu yang merokok. Asap rokok yang mencemari organ bagian dalam si ibu memberikan risiko hampir 3 kali lipat pada bayi yang dikandungnya. Sang bayi kelak bisa terkena gangguan yang Attention Deficit Hyperactivity Disorder atau ADHD ketika menginjak usia sekolah. Ciri-ciri yang menonjol pada penderita ADHD ini adalah :
1. Kesulitan berkonsentrasi pada pelajaran
2. Perilaku impulsif seperti mengganggu teman-temannya.
3. Tidak dapat duduk tenang.
Di AS bahkan ditemukan bahwa sekitar 5% anak usia sekolah penderita ADHD ini rata-rata ditemukan pada anak laki-laki. Sebabnya adalah karena nikotin dapat menyebabkan pembuluh darah di plasenta mengerut, sehingga mengurangi masuknya darah dan oksigen selama pertumbuhan janin.

Juga dari penelitian di Belanda, Arizona dan AS dapat diungkapkan bahwa merokok selama mengandung dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat di bawah normal , meningkatkan sindroma kematian bayi mendadak serta keterbelakangan mental. Penelitian di Arizona, AS yang melibatkan 1.033 bayi sehat yang baru lahir dari ibu yang merokok lebih dari 20 batang perhari ternyata memberi risiko terjadinya otitis media.
Otitis media adalah suatu infeksi telinga di bagian tengah yang disebabkan oleh iritasi pada telinga akibat asap rokok. Dan bila otitis media ini tidak ditanggulangi, anak dapat menjadi tuli dan mengalami kesulitan bicara.

Selain itu ditengarai anak dari ibu yang merokok biasanya memiliki tingkat kecerdasan lebih rendah.
Jadi, seorang ibu yang sayang anaknya sebaiknya mulai menghentikan kebiasaan merokok dari sekarang.

(Sumber : Kompas Minggu 24 Nopember 1996)


================================================








BELANJA DENGAN TAS KAIN LEBIH AMAN


Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh World Wildlife Fund atau WWF mengenai waktu urai barang-barang bekas atau sampah rumah tangga yang banyak dihasilkan dewasa ini ternyata sebagian besar memiliki waktu urai yang lama. Bahkan mungkin bisa jadi warisan "Sampah" kepada anak cucu, bahkan sampai cicit kita.

Seperti misalnya:
- Filter rokok membutuhkan 5 tahun untuk terurai.
- Kantung plastik membutuhkan waktu 20 tahun
- Kaleng minuman membutuhkan 100 tahun,
- Wadah styrofoam ternyata memiliki peringkat terlama, yaitu jutaan tahun.

Maka dari itu biasakan membawa kantung dari kain ketika anda belanja di pasar swalayan atau tempat lainnya. Juga usahakan makan tidak dari wadah styrofoam seperti mie instant misalnya.

Sumber : World Wildlife Fund

No comments: